Tuesday, March 13, 2012

Robot Cantik Mirip Manusia Di Jepang Untuk Latihan Dokter Gigi

  


Baru-baru ini Universitas Showa di Jepang mengumumkan peluncuran robot cantik Showa Hanako 2 yang berfungsi sebagai pengganti pasien manusia untuk latihan calon dokter gigi dimana memiliki bentuk kulit mirip manusia, bisa berbicara, bisa menggerakkan kepalanya, menggerakkan bola mata, menggerakkan lidah, berkedip, tersedak, menutup dan membuka mulut, bersin, batuk, dsb. Robot ini adalah versi terbaru atau perbaikan dari model lama yakni Showa Hanako 1 yang diluncurkan di tahun 2010. Untuk anda ketahui, robot Showa Hanako ini pada dasarnya adalah boneka seks yang dimodifikasi dan ditambah dengan teknologi robot.


Berbeda dengan versi pertamanya yang kulitnya terbuat dari PVC, maka kulit Showa Hanako 2 terbuat dari silikon. Perubahan yang lain diantaranya adalah ditambahkannya motor penggerak di kepala, dan lidah yang menyatu dengan bagian dalam mulut. Robot ini juga memiliki banyak titik di tubuhnya yang bisa digerakkan.


Robot ini dibuat sangat mirip dengan seorang manusia wanita dewasa, terutama di bagian mulut dan sekitarnya. Hal ini agar para calon dokter bisa merasakan suasana ketika menghadapi manusia nyata, apalagi jika robotnya bisa menunjukkan gerakan reflek kepala, mengeluarkan ucapan ketika “merasa sakit”, dan merasakan letih jika mulut dibuka terlalu lama. Robot ini juga mengerti beberapa kalimat manusia, dan bisa berinteraksi dengan manusia yang bertanya, seperti mengucapkan namanya, sakit apa yang ia rasakan, perasaannya, dsb. Ada alasan unik kenapa robot dibuat berkelamin wanita, yakni agar para calon dokter gigi, terutama yang lelaki, bisa latihan menangani pasien tanpa menyentuh daerah bagian dada pasien wanita.


Showa Hanako ini diproduksi oleh perusahaan robot Tmsuk dan juga bekerjasama dengan Orient Industry yang terkenal dengan boneka seksnya. Hal ini karena terdapat beberapa teknologi yang hanya dimiliki oleh perusahaan Orient Industry ini, terutama menyangkut lidah, dan bagian dalam mulut. Show Hanako 2 akan dijual melalui perusahaan Yoshida Dental Company, yang sudah terbiasa menyuplai peralatan untuk dokter gigi. Untuk penjualan di luar Jepang, ada kemungkinan akan melibatkan koordinasi antara beberapa organisasi dan pemerintah Jepang.


Lihat videonya dengan mengklik DISINI untuk mengetahui seperti apa robot cantik dokter gigi Showa Hanako 2 yang mirip manusia ini (Baca dan klik juga artikel terkait : alat bor dan tambal dokter gigi terbaru berteknologi tinggi pasien tak merasakan sakit).

No comments:

Post a Comment